Selasa, 03 Juni 2014

Jenis Ikan Karper


Secara umum ikan mas dapat digolongkan menjadi dua kelompok 

  • Ikan mas konsumsi, yaitu ikan mas yang dikonsumsi oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan gizi yang berasal dari hewan.
  • Ikan mas hias, yang digunakan untuk kepuasan batin atau untuk pajangan dan dipelihara di kolam-kolam taman atau akuarium.
Ikan Mas Konsumsi, ikan mas konsumsi juga memiliki beberapa jenis, diantaranya :
  • Ikan Mas Punten, dikembangkan pertama kali pada tahun 1933 di Malang, Jawa Timur, tepatnya di desa Punten, makanya dikenal dengan nama ikan mas Punten. Memiliki bentuk tubuhnya relatif pendek, tapi punggungnya lebar dan tinggi, warna sisik hijau gelap, mata agak menonjol, gerakan tubuhnya lambat dan sifatnya jinak.

  • Ikan Mas Sinyonya atau Putri Yogya, disebut ikan mas sinyonya karena ikan ini sangat mudah bertelur, memiliki bentuk tubuh memanjang dan punggungnya lebih rendah dibanding ikan mas Punten, sisiknya berwarna kuning muda, mata ikan yang masih muda agak menonjol kemudian berubah menjadi sipit bila ikan sudah mulai tua, sifatnya jinak dan memiliki kebiasaan berkumpul dipermukaan air. Jumlah telur ikan mas sinyonya 85.000 - 125.000 dengan diambeter 0,3 - 1,5 mm. Induk jantan akan matang kelamin pada umur 8 bulan, sedangkan yang betina pada umur 18 bulan.
  • Ikan Mas Taiwan, memiliki asal-usul dari Taiwan, memiliki bentuk badan yang memanjang dan bentuk punggung seperti busur agak membulat, sisiknya berwarna hijau kekuningan hingga kuning kemerahan ditepi sisip dubur dan dibawah sirip ekor. Ikan mas taiwan sangat responsip terhadap makanan dan akan saling berebut bila diberi pakan.
  • Ikan Mas Merah, ciri khas ikan mas merah adalah sisiknya yang berwarna merah keemasan, memiliki bentuk badan memanjang dengan punggung relatif lebih rendah dan tidak lancip, matanya agak menonjol, gerakan ikan mas merah aktif dan tidak jinak, gemar mengaduk-aduk dasar kolam.

     
  • Ikan Mas Majalaya, ikan ini berkembang pertama kali di Majalaya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, makanya disebut ikan mas majalaya, ukuran badannya relatif pendek dan punggung lebih membungkuk dan lancip dibanding ikan mas lainnya, bentuk tubuhnya semakin lancip kearah punggung dan moncongnya pipih, sisiknya berwarna hijau keabuan dan bagian tepinya berwarna gelap, kecuali dibagian bawah insang dan bawah sirip ekor berwarna kekuningan, semakin ke punggung warna sisik semakin gelap, sifat ikan mas majalaya jinak dan suka berenang di permukaan air. Keunggulan ikan mas majalaya adalah pertumbuhannya yang cepat, tana terhadap infkesi bakteri Aeromonas hydrophila, rasanya lezat dan gurih, dan tersebar luas di Indonesia. Jumlah telur yang dihasilkan tinggi 84.000 - 110.000 butir per kilogram induk.
  • Ikan Mas Yamato, ikan mas ini banyak dibudidayakan di Asia Timur seperti Cina dan Jepang, kurang populer di kalangan petani di Indonesia. Bentuk tubuhnya memanjang, sisiknya berwarna hijau kecoklatan.
  • Ikan Mas Lokal, ikan mas lokal adalah hasil perkawinan dari berbagai jenis ikan yang ada di masyarakat, bentuk tubuhnya memanjang dan mata tidak sipit.
Ikan Mas Hias, ikan mas hias dapat digolongkan lagi kedalam golongan sebagai berikut :
  • Ikan Mas Kumpay, ciri khusus ikan mas kumpay adalah semua siripnya yang panjang dan berumbai, akan tampak indah ketika sedang bergerak, warna sisiknya berfariasi ada yang putih, kuning, merah, dan hijau gelap, bentuk tubuhnya memanjang dan memiliki pertumbuhan yang lambat.
  • Ikan Mas Kanca Domas, memiliki bentuk tubuh memanjang, sisiknya berukuran kecil dan tidak beraturan, warna sisiknya berfariasi ada yang biru, cokelat, atau hijau, sisik punggungnya berwarna gelap, semakin ke perut warnanya semakin terang keperakan atau emas, memiliki sifat kurang jinak, gerakannya selalu aktif seperti ikan mas taiwan.
  • Ikan Mas Kaca, ciri khas ikan mas kaca adalah memiliki sebagian tubuh yang tidak tertutup sisik, bagian yang tidak tertutup sisik ini tampak bening mirip kaca, di sepanjang gurat sisi dan disekitar pangkal siripnya terdapat sisik berwarna putih mengkilap, sisik tersebut berukuran besar dan tidak seragam.
  • Ikan Mas Fancy atau Ikan Mas Koki, ,memiliki bentuk tubuh memanjang, sisiknya berwarna putih, kuning dan merah, pada tubuhnya terdapat totol-totol berwarna hitam, karena warna yang bermacam-macam itulah ikan mas ini disebut ikan masn fancy

  • Ikan Mas Koi, lebih populer disebut Koi, berasal dari Jepang, dikenal di Indonesia sejak tahun 1980, bentuk badan bulat memanjang, warna sisiknya beragam, ada yang merah menyala, kuning, hitam, putih, atau kombinasi, sifatnya jinak dan gerakannya lambat. Ikan koi memiliki beragam nama yang disesuaikan dengan pola dan warna tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar