Selasa, 09 September 2014

Perbedaan Ikan Koi Lokal dan Import

Perbedaan KOI Import dan KOI Local

Ikan KOI Lokal adalah ikan koi yang dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia, biasanya merupaka generasi kesekian daro ikan koi yang didatangkan dari luar negeri.

Ikan KOI Impor adalah ikan koi yang didatangkan dari luar negeri, negara yang terkenal dengan kualitas koi bagus adalah Jepang.

Bila dilihat dari kualitas, antara koi lokal dan koi impor bisa dibilang sama-sama bagus, tinggal kejelian anda memilih ikan koi yang berkualitas. Ikan koi lokal pun bisa dibedakan dari dimana dibudidayakannya, yang terkenal adalah Blitar dan Sukabumi, makanya sering di dengar ikan koi Blitar atau ikan koi Sukabumi.

Apa saja yang membedakan ikan koi lokal dan ikan koi impor, berikut ulasannya :

  1. Harga, Ikan koi impor lebih mahal dari ikan koi lokal, hal ini antara lain disebabkan biaya produksi dan distribusi ikan koi impor yang lebih mahal, termasuk diantaranya pengenaan bea masuk ikan koi import yang membuat harganya berkali lipat dibanding ikan koi lokal.
  2. Warna, ketika ikan koi masih berukuran dibawah 50 cm, perbedaan warna antara koi lokal dan koi impor tidak mencolok, keduanya sama-sama kuat dan tajam, bahkan tidak jarang koi lokal bisa mengungguli koi impor. Namun bula ukuran ikan koi sudah lebih dari 50 cm, akan terlihat perbedaan dari kualitas keduanya, warna ikan koi lokal akan semakin memudar, terutama pada warna putih, sedangkan ikan koi impor masih tetap bertahan.
  3. Mata, ikan koi impor memiliki mata yang lebih besar dan tampak seperti timbul keluar dari kepala, sedangkan ikan koi lokal memiliki mata yang wajar seperti ikan lainnya.
  4. Bentuk, ikan koi lokal memiliki bentuk tubuh yang sedikit membulat, perut ikan koi agak membuncit dengan ukuran ekor yang lebih pendek, sebaiknya ikan koi impor terlihat memanjang pada bagian badan sampai ekornya.
Ikan Koi
Dikutip dari forum KPK di FB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar