Minggu, 14 September 2014

Kohaku Ratunya Ikan Koi


Orang Jepang mempunyai ungkapan " memelihara koi berawal dari Kohaku dan diakhiri dengan Kohaku " bagi penggemar ikan koi di Jepang, Kohaku memang diakui sebagai ratunya koi. Sama seperti orang Jepang, saya pun selalu terpesona dengan Kohaku, perpaduan warna merah putih yang kontras pada tubuh ikan koi yang gemuk proporsional memiliki daya tarik yang kuat. Saya selalu memulai dengan Kokaku sebagai koleksi awal ikan koi.



Pada jaman Bunka dan Bunsei, tahun 1804 - 1829, ikan mas hasil mutasi yang berwarna putih dan merah pada pipinya pertama kali ditemukan, dari sinilah awal muasal Kohaku. Si Putih dengan pipi merah ini melahirkan ikan koi yang berwana putih bersih, selanjutnya koi putih ini disilangkan dengan Higoi yang berwarna merah, yang melahirkan keturunan koi putih dengan warna merah pada abdomennya.

Pada zana Tenpo, tahun 1830 - 1843, dihasilkan kohaku dengan warna merah pada sebagian kepalanya, yang dijuluki Zukinkaburi, kohaku berkepala merah (Menkaburi), kohaku berbibir merah (Kuchibeni), dan kohaku berbintik merah pada punggung (Sarasa).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar