Kamis, 21 Agustus 2014

Mengatasi Kutu pada Ikan KOI

Tulisan ini saya kutip dari Forum KPK di FB group

Salah satu masalah bila kita memelihara Ikan KOI adalah adanya kutu pada tubuh ikan koi, kutu dapat membuat ikan koi sakit bahkan mati, yang lebih parah lagi, kutu ini bisa dengan mudah menular ke ikan koi lain pada kolam yang sama. untuk mengatasinya ada cara alami yang bisa dilakukan, murah dan tidak membahayakan ikan koi. Yaitu dengan memelihara ikan predator kutu koi.

Ada dua jenis ikan yang bisa digunakan untuk membasmi kutu pada ikan koi secara alami, Ikan Sumatra dan Ikan Kapiat, kedua ikan ini akan dapat hidup berdampingan dan saling menguntungkan.

Ikan sumatra juga memiliki warna yang indah, jadi selain membasmi kutu pada tubuh ikan koi, juga memberikan variasi dan memperindah kolam.

Ikan Sumatra
Ikan kapiat, yang umum berwarna tubuh kuning dan satu lagi berwarna hitam dengan buntut merah, ikan ini juga dapat membasmi kuku pada tubuh ikan koi anda.

Ikan Kapiat
Ikan Kapiat
Kedua ikan ini tidak besar memiliki gerakan tubuh yang lincah. Ikan ini banyak di jual di toko-toko ikan hias dengan harga jual kedua ikan ini sekitar Rp. 3.000 per ekor untuk ukuran kecil dan akan semakin mahal bila ukurannya semakin besar.

1 komentar: